Social Icons

Pages

Jumat, 02 November 2012

VIDEO: Fenomena Langka, Petir Abadi Catatumbo di Venezuela




Fenomena unik sekaligus langka di dunia salah satunya Petir misteri Catatumbo (Relámpago del Catatumbo).  Petir abadi ini cukup mengerikan sebab dalam setahun bisa terjadi 150-300 kali selama 7-10 jam.  Simak video berikut ini.



Ketika sedang berbelanja di toko peralatan makan bayi, saya melihat program televisi yang menayangkan fenomena langka.  Penasaran, saya pun browsing terkait petir abadi di Venezuela.  Benar saja, petir itu terlihat di muara sungai Catatumbo di Danau Maracaibo.

Badai petir ini telah terjadi sejak tahun 1597.  Yang mengerikan, petir ini bisa timbul rata-rata 150-300 kali dalam setahun dengan lama 7-10 jam.  Percikan listrik yang timbul antara 140-280 140-280 kali/jam dengan total 1,176 juta atom listrik terhempas per tahun.

Hal tersebut disebabkan angin yang datang dari pegunungan Andes di barat bercampur dengan udara di area danau yang membuat petir tanpa henti.  Lokasi ini pun dianggap sebagai generator ozone terbesar di bumi.  Petir ini pun dijadikan sebagai navigasi oleh para pelaut.  Berani tinggal disini?

 

Sample text

Sample Text

Sample Text