Social Icons

Pages

Senin, 18 Maret 2013

Sage Grouse, Burung Unik Paling Langka di Dunia




Burung Sage Grouse ini tak hanya memiliki bentuk unik namun termasuk unggas paling langka di dunia.  Seperti apa kehidupan hewan yang ditemukan 13 tahun lalu ini di habitat aslinya?  Simak ulasan berikut.

Motor piaggio mungkin termasuk kendaraan langka.  Sama seperti Sage Grouse, burung terlangka di dunia dengan bentuk yang unik.  Unggas dengan nama Centrocercus urophasianus ini berhabitat asli di wilayah Amerika.  Penelitian menyebutkan burung ini hanya berjumlah 5.000 di alam liar.

Perilaku cukup unik dimiliki hewan ini saat hendak kawin.  Mereka para pejantan biasanya mengibaskan ekor runcing dan membuat suara tertentu.  Bahkan mengembungkan kantung udara kuning pada bagian dada mereka.

Dalam mencari makan, burung ini menghabiskan waktu di darat melahap serangga dan beberapa jenis tanaman.  Sage Grouse serupa dengan burung belibis lainnya yang tak bisa mencerna biji-bijian keras.  Hewan ini memiliki sarang di tanah, tepatnya di semak atau rumput.

Sayangnya burung unik ini terancam punah sebab sejak ditemukan 13 tahun lalu populasinya semakin menurun.  Tentu perlu kerjasama pemerintah setempat juga masyarakat untuk tetap melestarikan beragam hewan langka.
 

Sample text

Sample Text

Sample Text