Social Icons

Pages

Rabu, 12 Desember 2012

Perbatasan RI-Malaysia Menyimpan Potensi Cadangan Emas




Siapa sangka wilayah-wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia ternyata banyak menyimpan potensi cadangan emas.  Tambang emas yang tak tersentuh itu bisa saja dikuasai negara tetangga.

Pengusaha tambang Herry Chandra Koestanto mengatakan saat ini masih banyak kawasan di Tanah Air yang berpotensi dijadikan tambang emas.  Benar saja, hal ini juga diungkap Kepala Pusat Sumber Daya Geologi Calvin Karo Karo Gurusinga.

"Kita juga studi bersama antara Malaysia dan Indonesia kita melakukan survei di perbatasan di Serawak itu. Kita perkirakan akan kita lakukan penyelidikan di bagian Indonesia-nya, batuannya sama. Mereka punya emas, masa kita nggak. Kita belum kesana," ungkap Calvin.

Indonesia memang menyimpan kekayaan yang melimpah termasuk di daerah-daerah yang belum terjamah.  Seperti di Pulau Buru Maluku, kawasan ini akan menjadi kawasan potensial yang selanjutnya akan menjadi prototipe untuk melakukan penyelidikan tambang emas di daerah lain.

"Potensinya lumayan, dan kemarin baru kita peninjauan, tahun ini kita akan lakukan lebih detail. Mungkin akan merupakan jenis endapan baru di negeri kita. Dan kita bisa menggunakan itu sebagai prototipe baru untuk cari emas di daerah lain," jelasnya.

Pemerintah memang harus mengupayakan penyelidikan tersebut agar bisa dijadikan pendapatan masyarakat.  Potensi tersebut bila tak segera diawasi maka bukan tidak mungkin untuk direbut negara tetangga.
 

Sample text

Sample Text

Sample Text