Social Icons

Pages

Minggu, 13 Januari 2013

Tragis! Pejuang Konten Gratis di Internet Gantung Diri




Pendiri situs Reddit sekaligus sosok dibalik terciptanya RSS ditemukan tewas gantung diri.  Aaron Swartz dikenal berani memperjuangkan konten gratis di internet bagi kepentingan publik.  Apa penyebab ia bunuh diri?




Provider internet tentu tak ada artinya tanpa konten.  Berbicara konten, kini banyak konten gratis yang bisa didapatkan pengguna internet.  Namun sang pejuang konten gratis tersebut, Aaron Swartz kini telah tiada.

Meski namanya tak setenar Mark Zuckerberg, Aaron Swartz tetap terkenal di kalangan startup dan praktisi internet.  Aksi bunuh diri yang dilakukannya di usia 26 tahun pun sangat tragis.  Ia menyudahi hidupnya dengan gantung diri di apartemennya di Brooklyn, AS.

Kepintaran Swartz di dunia komputer bisa dibilang di atas rata-rata anak seusianya. Saking 'kreatifnya', ia bahkan sampai dituding sebagai biang keladi dari aksi pencurian jutaan jurnal ilmiah arsip komputer kampus ternama MIT.

"Aaron Swartz selalu membuat kejutan dengan hal baru yang dapat mengubah arus informasi di seluruh dunia," ujar Susan Crawford, profesor dari School of Law di New York.

Bahkan sang paman, Michael Wolf juga mengakui bahwa keponakannya memang seorang yang jenius.   "Sayangnya kadang ada yang tidak sesuai dengan logika tersebut. Inilah yang kadang sulit," kata paman Swartz, dilansir Dallas News.

Terkait apa penyebab pasti hingga pemuda itu memutuskan mengakhiri hidupnya dengan cara tragis belum diketahui.  Hanya saja ada yang menyebut bahwa ia depresi.  Dugaan lain ialah tekanan batin akibat kasus hacktivist yang ia jalani proses hukumnya.
 

Sample text

Sample Text

Sample Text