Social Icons

Pages

Kamis, 27 Desember 2012

BPOM Umumkan 48 Kosmetik yang Berbahaya Picu Kanker Kulit




Peringatan publik dikeluarkan BPOM tentang 48 kosmetik yang mengandung bahan berbahaya.  Merek kosmetik yang memicu kanker kulit itu disebutkan dan tak sedikit yang merupakan merek terkenal.  Cek apakah kosmetik berikut yang Anda pakai.

Tak seperti asuransi rumah yang memberikan perlindungan bagi tempat tinggal Anda, asuransi kecantikan mungkin jarang.  Untuk itu diperlukan kewaspadaan lebih khususnya wanita yang selalu ingin tampil cantik.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) merilis nama-nama kosmetik yang membahayakan.  “Bahan berbahaya yang digunakan 48 kosmetik itu berkisar pada penggunaan merkuri, hidrokinon, dan pewarna yang dilarang,” kata Kepala Badan POM Lucky S. Slamet dalam temu media di kantor Badan POM, Jakarta, Kamis, (27/12).

BPOM memang telah melakukan pengawasan hingga Oktober 2012 dan menyimpulkan ada 48 kosmetik yang berbahaya.  Kebanyakan merupakan kosmetik pemutih kulit.  Dampaknya, bisa memicu kanker kulit dalam penggunaan jangka panjang.  “Jangan menggunakan kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya ini,” Lucky menegaskan.

Adapun merek yang disebutkan BPOM antara lain, Lie Che Day Cream, Lien Hua Night Cream, Walet Day Cream, Night Cream Small, Pemutih Dokter, Pemutih Sejuta Bintang, Racikan Walet Putih, Klip 80’s Night Cream, Klip 80’s Day Cream, Vayala Nightly Cream, Vayala Daily Cream, Tailaimei Make Up Kit, Tiannuo Lipstick Paris, Pund’s Lip Beauty Moisture, Feves Color Cream, Pond’s Beauty Care Make Up, dan Izuoca Eye Shadow.

Kebanyakan merek tersebut merupakan hasil impor dari Cina dan beredar tanpa izin.  Beberapa sudah mendapat izin namun saat dilepas ke pasar terdapat kecurangan dari produsen.  Ya, mereka menambahakan bahan berbahaya setelah izin dibuat.  Kini produk-produk tersebut ditarik dari pasaran dan dimusnahkan.

Bagi Anda agar tak terjebak kosmetik ilegal yang membahayakan, ada baiknya membeli di tempat-tempat khusus.  Selain itu perhatikan harga, sebab bila sangat murah patut dicurigai.
 

Sample text

Sample Text

Sample Text