Social Icons

Pages

Senin, 18 November 2013

Manfaat Olahraga Ternyata Sampai ke Sel Tubuh


Kita semua tahu bahwa manfaat olahraga dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi banyak resiko penyakit dan obesitas.

Daripada Anda menghabiskan uang yang jumlahnya sama seperti Anda membayar asuransi mobil Anda hanya untuk pergi ke dokter, lebih baik Anda mencegahnya dengan berolahraga dengan teratur.

Selain bermanfaat pada kesehatan tubuh kita, ternyata berolahraga telah memberi dampak positif pada bagian tubuh kita yang terkecil yaitu sel.

Dengan berolahraga dengan teratur dapat mengubah cara-cara gen kita beroperasi.

Beberapa ilmuwan melakukan sebuah riset yaitu dengan merekrut sejumlah pria yang berbadan sehat namun memiliki gaya hidup tidak aktif, untuk mengambil sampel sel lemak mereka.

Mereka pun mengukur komposisi tubuh, kapasitas aerobik, lingkar pinggang, tekanan darah, dan beberapa penanda kesehatan dan kebugaran lain. Kemudian selama 6 bulan para pria yang direkrut mengikuti kelas aerobik.

Di akhir periode, para peneliti menyimpulkan bahwa mereka telah mengikis lemak tubuh dan mengurangi lingkar pinggang, meningkatkan ketahanan, dan memperbaiki profil tekanan darah dan kolesterol.


Tapi, ada satu dampak yang tidak dapat dilihat dari kasat mata saja yaitu setelah berolahraga secara teratur, para pria yang direkrut ini mengubah pola metilasi DNA dari banyak gen di dalam sel-sel lemak mereka.

Tepatnya, perubahan terjadi pada lebih dari 17.990 titik di 7.633 gen di sel-sel lemak, yang memegang peran besar dalam penimbunan lemak tubuh dan peningkatan resiko diabetes dan obesitas.

Para peneliti telah menegaskan bahwa dengan berolahraga, akan berdampak positif sampai ke tingkat DNA di tubuh kita.

Jadi, apakah Anda rutin berolahraga? Ingatlah bahwa olahraga secara rutin akan berdampak bagi seluruh tubuh kita.

Selain tubuh kita menjadi fit dan stamina kita terjaga, kita juga akan mengurangi lemak dan kolesterol dalam tubuh kita.

Dan yang paling penting ialah dengan berolahraga akan berdampak positif pada perkembangan dan pertumbuhan sel –sel dalam DNA kita.

Ayo, segeralah berolahraga!

 

Sample text

Sample Text

Sample Text