Social Icons

Pages

Senin, 03 September 2012

Sejarah dan Prestasi Timnas Sepak Bola Indonesia




Sejarah tim nasional sepak bola Indonesia tentu tak lepas dari beragam pertandingan internasional.  Timnas Indonesia menjadi tim Asia pertama yang berpartisipasi di Piala Dunia FIFA pada tahun 1938.

Wikipedia menulis pada tahun 1938 tersebut Indonesia masih membawa nama Hindia Belanda dan kalah 6-0 dari Hongaria.  Ironisnya, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak dengan minat masyarakatnya yang sangat tinggi terhadap olahraga sepak bola.  Meski sepak bola menjadi olahraga populer di Indonesia, tetap saja Indonesia tidak termasuk jajaran tim-tim kuat di Konfederasi Sepak bola Asia.

Berdirinya organisasi sepak bola di Indonesia pertama kali pada tahun 1930-an, yakni berdasarkan suku bangsa.  Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB) milik bangsa Belanda, Hwa Nan Voetbal Bond (HNVB) milik bangsa Tionghoa.  PSSI pun akhirnya bekerjasama dengan organisasi tersebut.

Keberhasilan timnas Indonesia yang cukup memuaskan pertama kalinya adalah lolos pada Piala Dunia 1938.  Indonesia berhasil ke final tanpa harus menyepak bola usai Jepang mundur dari babak kualifikasi.  Saat itu Tim Indonesia di bawah nama Dutch East Indies (Hindia Belanda).

Kekalahan tentu lebih banyak diperoleh tim Indonesia miasalnya pada SEA Games 1977.  Indonesia termasuk favorit dan langganan tampil di turnamen antarnegara misalnya Merdeka Games, Piala Raja Thailand dan Piala Presiden Korea Selatan.  Saat mengalahkan Malaysia 2-1 pada laga debut SEA Games, skuad Indonesia menduga tuan rumah bersikap tidak sportif dengan jadwal ketat.

Kemarahan pun semakin memuncak saat laga semi-final Indonesia memprotes kepemimpinan wasit Othman Omar, asal Malaysia, dianggap berat sebelah.  Pemain Indonesia pun berkelahi dengan Thailand dan wasit meniup peluit, mengakhiri pertandingan di menit ke-60 pada kedudukan 1-1.  Indonesia menolak melanjutkan bermain dan ini membuat panitia memberikan kemenangan kepada Thailand.  Bahkan seharusnya Indonesia merebut medali perunggu melawan Burma namun terkikis oleh aksi mogok yang dilanjutkan.

Meski Indonesia memiliki tak banyak menyumbangkan keberhasilan, masyarakat tetap antusias mendukung timnas pada setiap pertandingan.  Masyarakat Indonesia memang banyak yang menggemari sepak bola bahkan tak terkecuali pada games bola di internet, dimana para pecinta sepak bola menuangkan hobinya.
 

Sample text

Sample Text

Sample Text