Social Icons

Pages

Jumat, 07 September 2012

Cara Mengatasi Anak Susah Bangun Pagi




Anda kesulitan mengatasi anak yang sulit bangun di pagi hari?  Kewajiban sekolah sang anak tentu menjadi tugas Anda agar ia tidak terlambat bangun.  Masalahnya, Anda dibuat stres dengan susahnya membangunkan anak.  Berikut adalah alasan yang menjadikan anak-anak sulit bangun pagi.

Hasil studi terbaru menunjukkan bahwa perubahan hormon selama masa pubertas bisa menyebabkan keterlambatan zat kimia pemicu tidur yang membuat anak remaja sulit untuk bangun di pagi hari.

Tubuh biasanya melepaskan sendiri hormon melatonin yang diketahui menginduksi atau merangsang tidur.  Pada orang dewasa hormon ini keluar sekitar pukul 10 malam, sayangnya pada remaja baru dilepaskan sekitar pukul 1 dini hari.

Inilah yang menyebabkan sebagian anak sulit untuk tidur cepat di malam hari, meski ia sudah masuk kamar lebih awal.  Tak hanya hormon, penyebab lainnya ialah tidur malam di depan televisi, tidur dengan cahya terang yang membuatnya makin sulit tidur cepat.

Makanan juga memberi pengaruh anak sulit tidur.  Pastikan Anda memasukkan sayuran pada menu sehari-harinya.  Atau sebuah vitamin Spirulina sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Selain itu, Anda bisa memberikan kegiatan ekstrakurikuler di siang hari dan menciptakan lingkungan kamar yang nyaman bagi anak sehingga tidur cepat tak menjadi sulit lagi.

Bila anak masih sulit bangun pagi, buatlah daftar pa saja sebenarnya yang membuat mereka susah membuka mata di pagi hari.  Berikan solusi misalnya menaruh alarm tapi jangan di dekat tempat tidurnya agar anak mau bangun dari kasur untuk mematikannya.
 

Sample text

Sample Text

Sample Text