Social Icons

Pages

Senin, 17 Juni 2013

Daftar Makanan yang Harus Dipantang Penderita Asma




Memiliki penyakit asma tentu sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktifitas.  Penyebab asma bisa datang dari makanan sehingga perlu dipantang.  Apa saja makanan yang memicu timbulnya asma? Simak daftarnya pada ulasan berikut ini.

Konsumsi multi vitamin saja kadang tak cukup untuk menjaga kesehatan.  Termasuk asma, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar asma tak kambuh atau semakin parah.  Selain dari lingkungan dan keturunan, asma juga ternyata bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Makanan yang menimbulkan alergi bisa memicu asma sebab asma berkaitan dengan alergi.  Seperti produk olahan susu, makanan ini sebaiknya dihindari konsumsinya atau dikurangi.  Produk olahan susu yang terdiri dari es krim, yogurt, susu cair dan sebagainya menyebabkan batuk pada penderita asma.

Tak hanya itu, jauhkan juga makanan yang mengandung bahan pengawet.  Makanan berpengawet kini bisa dengan mudah ditemukan dari berbagai produk baik yang telah jadi maupun yang baru diolah.  Beberapa pengawet yang berbahaya ialah benzoate, sulfat, gallates dan pewarna.  Semuanya harus dijauhkan dari penderita asma sebab bisa menimbulkian alergi.  Sulfat bisa juga ditemukan dari selada, asparagus, daun bawang dan telur.

Selanjutnya adalah jenis kacang-kacangan.  Terutama kacang tanah, bila ini sering dikonsumsi maka bisa menyebabgkan asma.  Ada baiknya memilih kacang rebus ketimbang kacang yang digoreng atau kacang kemasan.  Asma juga berkaitan dengan makanan yang memakai ragi atau jamur dalam pembuatannya.  Seperti kue, roti, keju biru dan muffin juga gula putih.  Boleh saja mengonsumsinya namun jangan berlebihan.

Setelah mengetahui semua makanan diatas, tentu Anda lebih bisa mengontrol asupan sehari-hari bila tak ingin asma muncul.  Imbangi juga dengan gaya hidup sehat agar alergi asma semakin berkurang.  Jaga juga kebersihan lingkungan yang bisa menjadi penyebab datangnya asma kapanpun.  Dan jangan lupakan konsumsi multi vitamin untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Banyak memang multi vitamin alami yang bisa didapat dari buah-buahan atau sayuran.  Ini tentu lebih aman ketimbang mengonsumsi suplemen yang belum tentu baik untuk tubuh.  Rutin makan buah dan sayur setiap hari membantu memenuhi vitamin, mineral dan gizi harian.  Tentu selain ditunjang dengan makanan sehat lainnya.

Bagi penderita asma sendiri, banyak makanan yang baik dikonsumsi seperti air kencur atau air kunyit.  Makanan ini bisa membantu mengurangi gejala asma.  Sayuran hijau juga baik untuk menambah oksigen dalam tubuh.  Namun jangan melupakan olahraga teratur sebab penderita asma sangat membutuhkan olahraga untuk mengatur pernapasan.  Tak perlu olahraga berat, jogging atau jalan kaki di taman bisa menjadi pilihan tepat.  Lakukanlah beberapa gerakan untuk mengatur pernapasan.

Jangan malas juga untuk konsultasi ke dokter agar selalu memeriksakan kondisi asma Anda.  Jangan sampai hal yang tak diinginkan terjadi bila Anda terlambat memeriksakan diri.  Tanyakan pada dokter Anda kebiasaan sehat apa yang sebaiknya dilakukan untuk penderita asma.
 

Sample text

Sample Text

Sample Text