Social Icons

Pages

Rabu, 26 September 2012

Tips Belanja Online Untuk Menghindari Penipuan




Agar Anda tidak tertipu belanja online, beberapa hal perlu diperhatikan.  Tips aman berbelanja di toko online berikut ini penting untuk Anda yang memiliki gaya hidup suka belanja.

Online shop menjual barang beragam mulai dari makanan, pakaian, elektronik hingga furniture.  Nah, untuk menghindari kerugian Anda perlu menjadi konsumen yang cerdas.  Berikut bebarapa tipsnya dari seorang pendiri toko online Herry Chandra Koestanto:

1.  Pilih yang satu kota
Aspek proximity atau kedekatan bisa menjadi salah satu keuntungan tersendiri.  Tak hanya barang akan lebih cepat sampai, Anda pun bisa memastikan toko online atau pemiliknya benar di alamat yang tercantum.  Anda juga bisa lebih mudah mengajukan keluhan bila ada ketidakpuasan.

2.  Mintalah rekomendasi teman
Dalam urusan belanja online, sebaiknya mintalah pendapat teman untuk memilih barang yang akan dibeli. Jangan sekali-kali berbelanja di toko online yang tak ada rekomendasi dari teman yang Anda percaya.

3.  Perhatikan testimoni
Dengan memperhatikan testimoni baik di website maupun akun jejaring sosial, Anda mampu menilai online shop tersebut.  Apakah toko tersebut terpercaya atau tidak, bisa dinilai dari testimoni yang ada.

4.  Gunakan sistem pembayaran COD
Cash On Delivery merupakan sistem pembayaran yang baru dilakukan bersamaan dengan sampainya barang ke tangan Anda.  Anda biasanya diminta untuk bertemu di sebuah tempat atau bertemu langsung dengan si penjual.  Sistem ini menguntungkan dari sisi pembayaran.  Anda bisa memeriksa terlebih dulu barang yang dipesan.

Sebagai tips tambahan, jangan memberikan data pribadi seperti KTP, SIM, Kartu Kredit, ATM, Rekening dan nomor handphone untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
 

Sample text

Sample Text

Sample Text